Berani Membangun Indonesia Kuat (Part 1)

Oleh Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin

Memiliki pertahanan yang tangguh adalah sebuah kebutuhan mendasar bagi setiap bangsa. Kemampuan pertahanan tidak saja penting dalam menjaga keselamatan bangsa, namun juga simbol kekuatan serta sarana untuk menggapai cita-cita, tujuan, maupun kepentingan nasional.

Baca juga Militansi dan Intelektualisasi TNI

Tugas pertahanan berada di pundak angkatan perang. Untuk bisa menjalankan tugas itu, angkatan perang membutuhkan peralatan tempur yang modern dan mandiri. Karena itu, kemampuan angkatan perang sangat dipengaruhi oleh kekuatan industri pertahanan yang mendukungnya. Kita dapat melihat bahwa tidak ada satu negara pun yang tidak memperkuat angkatan perangnya.

Banyak negara yang memperkuat industri pertahanannya agar angkatan perangnya menjadi andal karena kebutuhannya dipenuhi secara mandiri melalui industri pertahanan dalam negeri. Ini memosisikan industri pertahanan menjadi salah satu faktor determinan bagi kelangsungan sistem pertahanan negara.

Angkatan Perang Andal

Kita segera memiliki TNI yang sangat membanggakan, bukan hanya TNI yang profesional, melainkan juga TNI yang dipersenjatai dengan alutsista yang bisa diandalkan dan dapat dipenuhi secara mandiri oleh industri pertahanan di dalam negeri. Penguatan industri pertahanan dibangun melalui revitalisasi industri pertahanan guna meningkatkan efektivitas pertahanan.

Sekarang ini kita sedang berupaya memiliki minimum essential forces yang mempunyai mobilitas tinggi dan daya pukul yang dahsyat, setara dan seimbang dengan negara lain, serta sejalan
dengan perkembangan teknologi yang dikenal dengan Revolution in Military Affairs. Ini tuntutan yang perlu direspons oleh industri pertahanan dalam mengimplementasikan teknologi pada alutsista untuk membangun kekuatan militer.

Bersambung… Berani Membangun Indonesia Kuat (Part 2)

Sumber: Buku Komitmen dan Perubahan: Suatu Persepsi dan Perspektif, Karya Letnan Jendral TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, 2016.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *