Koalisi Militer Islam Terkesan dengan Pengalaman RI Berantas Terorisme

Sjafriesjamsoeddin.id – Indonesia dinilai sebagai mitra strategis bagi negara-negara Islam dalam memerangi terorisme. Pengalaman Indonesia sangat dibutuhkan untuk mengatasi ancaman ekstremisme dan terorisme di banyak tempat.

Demikian menurut Koalisi Militer Islam untuk Pemberantasan Terorisme (IMCTC) di Arab Saudi. Menurut Ketua IMCTC, Jenderal Rahid Syarif, kejahatan terorisme selama ini telah melampaui batas-batas negara dan Islam turut menjadi korban dari kejahatan yang luar biasa itu

“Itu sebabnya dunia Islam harus membangun kerjasama dalam memberantas kejahatan luar biasa ini,” kata Jenderal Rahid saat bertemu dengan mantan Wakil Menteri Pertahanan RI, Sjafrie Sjamsoeddin, yang memimpin delegasi Indonesia dalam festibal budaya Al Janadriyah di Riyadh, Arab Saudi, hari ini.

Rahid pun berharap peran serta Indonesia dalam IMCTC. “Ini mengingat Indonesia sangat berpengalaman dalam menangani terorisme,” kata dia dalam keterangan yang diperoleh VIVA.

Sementara itu, terkait harapan Ketua IMCTC tersebut, secara diplomatis, Sjafrie menyatakan bahwa Indonesia memiliki semangat yang sama dengan ICTC walau tanpa harus bergabung dengan aliansi militer itu. “Semangatnya sama, yaitu bagaimana dunia bersama-sama memerangi terorisme,” kata Sjafrie.

Sumber: Viva

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *