KPK Kawal Penyelenggaraan Asian Games 2018

Sjafriesjamsoeddin.id— Ketua Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) Erick Tohir dan wakilnya, Sjafrie Sjamsoeddin, menyambangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (24/7/2017).

Erick dan Sjafrie diterima lima Pimpinan KPK.

Erick mengatakan, dalam kunjungan ini, pihaknya meminta KPK untuk mengawasi kegiatan Asian Games 2018, terutama pada sisi penyelenggaraan dan administrasi.

“Hari ini saya dan Pak Sjafrie diterima lima Pimpinan KPK. Ini juga bagian bagaimana pihak KPK bisa menjadi monitoring kegiatan yang ada di Asian Games,” kata Erick, di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta.

Tak hanya ke KPK, pekan lalu, INASGOC juga mendatangi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Dari pertemuan dengan BPKP, kata Erick, ia mendapatkan sejumlah masukan terkait hal-hal yang perlu diperbaikin dan ditingkatkan dari penyelenggaraan event tersebut.

“Kami mengharapkan juga ini menjadi sesuatu yang transparan dan juga harus berjalan baik,” ujar Erick.

Deputi Bidang Pencegahan KPK Pahala Nainggolan mengatakan, kedatangan pihak INASGOC untuk meminta KPK turut mengawal event tersebut.

“Jadi dari INASGOC ini datang ke KPK hari ini awalnya ingin supaya ada semacam pengawalan yang lebih kuat,” ujar Pahala.

Pada event ini, lanjut Pahala, reputasi negara dipertaruhkan.

Oleh karena itu, segala sesuatu harus berjalan lancar.

Dia menyinggung soal praktik korupsi pada event Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 di Riau dan Sea Games 2011 Palembang, Sumatera Selatan.

KPK sepakat agar untuk pelaksana Asian Games ini harus tertib secara administratif.

“Oleh karena itu, saya sepakat dengan INASGOC bahwa tertib administrasi juga menjadi salah satu fokus INASGOC dari pelaksanaan,” ujar Pahala.

Bentuk pengawalan KPK terhadap event ini, misalnya, melakukan pendampingan pada pihak yang terlibat dalam pelaksanaannya.

Anggota INASGOC terdiri dari pihak swasta dan penyelenggara negara.

KPK akan memberikan penjelasan perihal konflik kepentingan, penerimaan gratifikasi, dan hal-hal lainnya.

“Intinya kami ingin dukung kegiatan ini berlangsung baik,” ujar Pahala.

Sumber: Kompas.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *