Negara Dan Industri Pertahanan, Mandiri Tidak Tergantung

Oleh Letjen (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin

Sjafriesjamsoeddin.id – Indonesia boleh bangga memiliki tujuh Presiden yang konsisten membangun Industri Pertahanan selama masa jabatannya. Negara yang kuat sangat dipengaruhi oleh kekuatan Industri Pertahanan yang mandiri. Filosofi ini penting untuk mendukung misi negara menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah.

Keberadaan Industri Pertahanan tidak lagi membuat kita tergantung kepada negara lain, karena bangsa sendiri mampu memenuhi kebutuhan bagi angkatan perangnya dan di sisi lain manfaat Industri Pertahanan dapat memberikan kontribusi kepada ekonomi dan penghematan devisa bahkan memberikan porsi lapangan kerja terampil.

Ancaman embargo dapat dieliminasi dan sudah pasti Industri Pertahanan merupakan faktor penggetar (deterrent factor) dalam strategi pertahanan negara.

Alih Teknologi Industri Pertahanan

Ada alasan strategis bagi negara yang menjadi hal mutlak dalam pembelian peralatan militer kontinuitas dan kemandirian yang selalu menjadi paket saat kita membeli peralatan militer. Tidak hanya sekedar memenuhi kepentingan strategi militer tetapi lebih dari itu harus sejalan dengan politik strategi nasional yaitu memelihara dan membangun sendiri Industri Pertahanan.

Alih teknologi alutsista sudah menjadi amanat konstitusi Industri Pertahanan yang wajib ditaatlanjuti oleh pihak pemangku kepentingan. Alutsista laut modern yang diadakan oleh negara seperti Kapal Selam dan Perusak Kawal Rudal menjadi kewajiban negara yaitu pemerintah dan rakyat untuk menyediakan biaya sekaligus mengelola manajemen alih teknologi. Kerangka waktu strategis 2020 sudah di depan mata dimana pembangunan Kapal Selam bisa kita lakukan sendiri.

Alutsista strategis udara membangun pesawat tempur generasi 4.5 yang sedang dikerjakan bersama Korea jangan kendor intensitasnya hanya karena terjadi turbulensi kebijakan. Negara sudah membuat komitmen strategis dengan mengeluarkan biaya besar yang targetnya memiliki pabrik Jet Tempur. (Bobby)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *