Sjafrie Sjamsoeddin Bicara Diplomasi Militer di Sesko TNI

Sjafriesjamsoeddin.id — Tiap negara di dunia tak henti terus aktif berupaya melakukan diplomasi, karena tak dipungkiri sebagai salah satu alat negara untuk mencapai kepentingan nasionalnya. Hal tersebut disampaikan Sjafrie saat menjadi Pembicara Kuliah Umum Sesko TNI (4/9).

Sjafrie juga menambahkan bahwa “Kompleksitas hubungan antarnegara yang saling terkait, saling ketergantungan di satu sisi, tapi juga konfliktual di sisi lain, dan harus simbiosis mutualistis serta win-win solution, sehingga diplomasi berperan sentral bagi negara”.

“Dalam perjalanan sejarah praktik diplomasi, ada satu benang merah yang tidak bisa lepas dari dunia diplomasi yaitu peran kekuatan militer suatu negara”. Ungkap Sjafrie di hadapan 143 Pasis Sesko TNI.

Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin memberikan kenang-kenangan berupa Buku dan Booklet Materi kepada Perwakilan Pasis Sesko TNI (Foto: Pen Sesko TNI)

Sjafrie pun menyampaikan kondisi global dimana di dunia perang semu masih senantiasa berlangsung, sehingga diplomasi militer sangat dibutuhkan sebagai preferensi setiap negara.

“Terkait hal itu, kemudian dihadapkan pada kondisi sampai saat kini, dimana ¬†perang senantiasa masih berlangsung, baik terbatas, asimetris, dsb, sehingga menempatkan peran diplomasi, khususnya diplomasi militer menjadi preferensi bagi setiap negara yang dapat menjadi jembatan kepentingan dalam mencapai kepentingan nasional negaranya masing-masing”. Ungkap Sjafrie.

Menutup paparannya, Sjafrie menyampaikan pentingnya meningkatkan hubungan kerja sama antarnegara dalam mewujudkan perdamaian.

“Peran diplomasi militer ke depan semakin strategis, selain untuk meningkatkan hubungan kerja sama antarnegara sekaligus berperan mencegah terjadinya perang serta turut membantu mewujudkan perdamaian”. Tutup Sjafrie. (Red/RG).

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *