Sjafrie Sjamsoeddin: Warga Diimbau Tidak Membawa Ransel Saat Ke Venue Asian Games

Sjafriesjamsoeddin.id – Wakil Ketua Indonesia Asian Games Oraganization Committee (Inasgoc) Sjafrie Sjamsoeddin mengimbau warga untuk tidak membawa bagpack atau ransel saat menonton pertandingan Asian Games 2018 nanti.

“Perlu disosialisasikan termasuk bantuan dari teman-teman media untuk menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa para penonton yang ingin mengunjungi venue itu diimbau tidak membawa bagpack. Bagpack itu ransel atau tas-tas yang besar,” kata Sjafrie saat menghadiri latihan simulasi pengamanan Asian Games 2018, di Lapangan Golf Pondok Indah, Senin (6/8/2018).

Menurut dia, larangan bagi penonton membawa ransel merupakan tingkat pengamanan dengan standar internasional yang juga diterapkan di negara-negara yang menggelar event internasional. Kebijakan ini berlaku untuk semua penonton, baik masyarakat Indonesia maupun yang dari luar negeri.

“Ini standar internasional, untuk security. Ini berlaku seluruhnya. Jadi seluruh yang masuk ke dalam venue, tidak kita harapkan bawa bagpack,” ucap Sjafrie.

Sementara itu, Kapolres Jakarta Selatan Indra Jafar menambahkan, penonton dilarang membawa ransel untuk mencegah penonton membawa barang berbahaya.

“Dikhawatirkan membawa barang yang tidak semestinya, bahan peledak, barang tidak perlu, benda tajam,” ujar Indra.

“Terutama kita antisipasi yang suka gampang emosi, ini tas bisa buat lempar orang juga nih bahaya,” ucap dia.

Peraturan ini akan berlaku di semua venue Asian Games yang ada di Jakarta, Palembang, maupun di Jawa Barat. Untuk yang terlanjur membawa tas ransel diimbau menitipkannya di tempat lain karena pihak pengamanan tidak menyiapkan tempat penitipan sementara.

 

Sumber: Kompas.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *